Spesialitas Notaris-PPAT Sebagai Profesi dan Jabatan Dalam Sistem Hukum Indonesia

Specialties of Notary-PPAT as a Profession and Position In the Indonesian Legal System

Authors

  • Satrio Abdillah Universitas Islam Riau
  • Roni Sahindra Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.55583/jkih.v1i1.189

Keywords:

Notaris, PPAT, Profesi

Abstract

Abstrak

Jurnal ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat tentang tugas dan wewenang Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sebagai Pejabat Umum yang didelegasikan oleh Negara untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan hukumnya. Penulisan ini menerapkan metode penelitian normatif atau studi kepustakaan (library research), yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau bahan hukum sekunder sedangkan pendekatan masalah dilakukan dengan menggunakan Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pembahasan dalam penulisan ini didasarkan pada pendapat para ahli hukum yang berkompeten di bidangnya terutama dari unsur profesional yaitu dari kalangan Profesi Notaris dan PPAT maupun dari akademisi. Hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa eksistensi keberadaan profesi dan jabatan yang diemban oleh Notaris dan PPAT adalah memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh profesi hukum lainnya dikarenakan Notaris dan PPAT merupakan suatu profesi dan juga sebagai Jabatan yang memiliki pengaruh besar demi terciptanya kepastian hukum bagi para pihak yang menggunakan produk hukum olehnya.

Abstract

The research objective was to provide the understanding and knowledge for the community about the duties and authorities of Notaries and Land Deed Officials (PPAT). They act as common officials that are delegated by the government to assist people who need legal assistance. The approach of this research was used qualitative approach while the research method was used normative method or library research that provided research about legal aspects by reviewing the literature and secondary data. The discussion in this paper has been generated based on the opinions of legal experts with their competency, especially from professional elements such as notaries, Land Deed Officials, and academicians. The results concluded that the existence of Notaries and Land Deed Officials (PPAT) have unique professions and functions compared to others. It occurred because they have a great influence in order to legal certainty for all involved parties who use their products.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Abdillah, Satrio, and Roni Sahindra. “Spesialitas Notaris-PPAT Sebagai Profesi Dan Jabatan Dalam Sistem Hukum Indonesia: Specialties of Notary-PPAT As a Profession and Position In the Indonesian Legal System”. JKIH : Jurnal Kajian Ilmu Hukum 1, no. 1 (April 6, 2022): 11-24. Accessed April 26, 2024. http://journal.al-matani.com/index.php/jkih/article/view/189.