Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Babat Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Romsa Endrekson Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prabumulih

DOI:

https://doi.org/10.55583/arsy.v3i1.272

Keywords:

Pengelolaan, BUMDes.

Abstract

BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar. Dalam rangka menjalankan fungsinya BUMDes membentuk unit-unit usaha yang sesuai dengan karakteristik lokal, potensi, dan sumberdaya yang dimiliki masing-masing desa. Fenomenanya, sekarang pengurus BUMDes Desa Babat belum optimal dalam mengelola unit usahanya dengan baik. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdiri dari Badan Pengawas, Ketua, Sekretaris, Bendahra, Kepala-Kepala Unit Usaha BUMDes di Desa Babat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah metode klasikal dan praktek dengan pola pendidikan orang dewasa (andragogi) dimana peserta diharapkan lebih banyak berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, sedangkan narasumber lebih bertindak sebagai fasilitator. Materi pelatihan disampaikan dengan metode ceramah, curah pendapat, tanya jawab dan praktek. Peserta diharapkan memberikan respon yang baik dengan banyak bertanya, berdiskusi dan memberikan pendapat terhadap materi yang disampaikan narasumber. Kegiatan Pelatihan akan memberikan banyak manfaat kepada para peserta  berupa peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus BUMDes.

Kata Kunci: pengelolaan, BUMDes.

References

Harini, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Entrepreneurship dan manajemen usaha terhadap pendapatan Usaha Mikro makanan dan minuman. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 3(1, 2), 73-80.

Malik, Mulyadin. (2017). Membangun Daya Saing Desa Melalui Pengembangan BUMDes (Antara Peluang dan Tantangan di Era Pasar Bebas). Makalah disajikan pada Kuliah Umum Mahasiswa Fisip Unihaz Luar Bengkulu, Jakarta: Kementerian Negeri RI.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Unit Desa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Program Desa Lestari. (2016). Pendekatan Utuh Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa. Yogyakarta: Yayasan Penabulu.

Sanjaya, P. K. A., Widnyana, I. N. S., Kusumawati, N. P. A., Setiawan, I. W. A., Maharani, P. A. D. G., & Laksana, I. N. T. S. D. (2022). Pemberdayaan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Amertha Dana Kesiut Melalui Implementasi Pemasaran Digital Di Era Pandemi Covid 19. Media Bina Ilmiah, 16(6), 6941-6948.

Riza, F. V., & Ariani, R. (2019, October). Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Excel pada Unit Up2k di Desa Galang Suka. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 373-377).

Septika, B. H., Krisnahadi, T., Aryani, M., Wulandari, Y. E., & Dianti, I. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Jupiter Jaya Di Dusun Mavilla Rengganis Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(1), 30-35.

Saptono, A., Dewi, R. P., & Suparno, S. (2016). Pelatihan Manajemen Usaha Dan Pengelolaan Keuangan Ukm Bagi Tenaga Kerja Indonesia (Tki) Purna Di Sukabumi Jawa Barat. Sarwahita, 13(1), 6-14.

Sukasmanto. (2014). Rancang Bangun Bisnis dan Pengelolaan BUMDes. Jogjakarta : Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD). http://bumdes.id/2017/10/kewajiban-peran-tugas-dan-wewenang-pelaksana-operasional- bumdes/

Susanto, R. Muhamad. Hadapi MEA, Pemerintah Disarankan Berdayakan BUMDes, http://m.kbr.id/muhamad_ridlo_susanto/01016/hadapi_mea_pemerintah_disarankan_berdayakan_bumdes/78047.html

Downloads

Published

2022-07-19

How to Cite

Endrekson, R. (2022). Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Babat Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 3(1), 19-23. https://doi.org/10.55583/arsy.v3i1.272