Pembinaan Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan UMKM Warung Pidada

Authors

  • Ni Luh Nurkariani STIE Satya Dharma Singaraja
  • Putu Tania Wijayanti STIE Satya Dharma Singaraja
  • Komang Rina Martini STIE Satya Dharma Singaraja
  • Ni Komang Ayu Lidyawati STIE Satya Dharma Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.55583/arsy.v2i2.209

Keywords:

Kata kunci: Pembinaan, Pemasaran, Keuangan

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan,terdapat  dua permasalahan yang dialami Warung Pidada, yaitu pada aspek pemasaran dan aspek keuangan. Dalam aspek pemasaran Warung Pidada sendiri hanya menggunakan Facebook untuk memasarkan produk, sedangkan di era globalisasi seperti sekarang ini begitu banyak aplikasi media sosial yang bisa digunakan sebagai media penunjang dalam berwirausaha atau bisa dikatakan Warung Pidada kurang update dalam penggunaan teknologi. Dalam aspek keuangan UMKM Warung Pidada  masih menggunakan pencatatan, perhitungan biasa dan juga tidak membuat laporan keuangan neraca atau laba rugi secara rinci. Atas permasalahan tersebut, mitra diberikan pembinaan tentang cara pembuatan akun media sosial Instagram dan Tiktok serta memberikan pembinaan tentang cara pembuatan laporan keuangan neraca dan laba rugi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pemilik Warung Pidada lebih update dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk dan juga bisa membuat laporan keuangan secara rinci agar pengelolaan keuangan menjadi stabil.

Kata kunci: Pembinaan, Pemasaran, Keuangan

References

Ayu, P. P., & Nurdiana, E. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemasaran Produk Brownies Tipis pada Mitra Hani’s Kukiss. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 1(2), 121-125.

Arliani, L. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan UMKM di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Universitas Pendidikan Ganesha.

Istiatin, dkk. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Program Penanganan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Guna Meredam Kepanikan Sosial Di Wilayah Desa Gentan. Universitas Islam Batik Surakarta.

Jati, M. (2019). Studi Kelayakan Bisnis. Serviens In Lumine Veritatis.

Murniasih, D. (2019). Keberhasilan Usaha Warung Makan Truntum Echo Dalam Mempertahankan Ke eksistensian Ditengah Persaingan Warung Makan yang Sejeni.

Saefudin, A. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk, Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Penjualan Pada Umkm Pengrajin Kayu Di Gilingan Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.).

Star, S. (2015). Aspek Keuangan Dalam Studi Kelayakan Bisnis.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Nurkariani, N. L., Wijayanti, P. T., Martini, K. R. ., & Lidyawati, N. K. A. (2022). Pembinaan Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan UMKM Warung Pidada. ARSY : Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 2(2), 199-199. https://doi.org/10.55583/arsy.v2i2.209